FreshKon Alluring Eyes 1-Day in Windsome Brown, Magnetic Grey, Mystical Black Review

by - May 31, 2018

Softlens mempunyai hubungan yang erat denganku sebagai pengguna kacamata. Dulu aku menggunakan softlens hampir setiap hari sehingga aku lebih memilih untuk membeli softlens bulanan (contohnya di sini), secara harganya lebih murah. Namun, setahun belakangan ini aku lebih memilih untuk menggunakan kacamata saja di weekdays dan menggunakan softlens harian di weekend. Hal ini aku lakukan karena aku pernah punya pengalaman tidak menyenangkan dengan softlens bulanan. Waktu itu aku menggunakan softlens untuk ngampus dan karena di kampus banyak angin, mataku kelilipan, perih, lalu iritasi. 

Kali ini aku mau me-review produk softlens yang akhir-akhir ini aku pakai, yaitu FreshKon Alluring Eyes 1-Day. 1-Day yang dimaksud di sini ialah hanya bisa digunakan sehari, artinya setelah dipakai seharian, softlens yang digunakan wajib dibuang (sekali pakai saja).

Ada dua alasan kenapa aku memilih FreshKon Alluring Eyes 1-Day, yaitu:
1. Berwarna. Jarang ada merk softlens harian yang berwarna. Dulu aku menggunakan Acuvue, tetapi pada waktu itu warnanya hanya ada bening saja. 
2. Harganya paling murah dibanding softlens harian yang lain. Memang, softlens harian tidak bisa disebut murah karena harganya Rp 300.000 - Rp 400.000 per box-nya. Aku sempat ingin mencoba softlens Acuvue (sekarang sudah ada yang berwarna) tetapi harganya lebih mahal sehingga kurang cocok di kantongku sebagai mahasiswa.

Packaging dari softlens ini sama seperti packaging softlens harian pada umumnya, menggunakan kotak berisi softlens yang bisa dipisah menjadi satuan. Aku sangat suka packaging softlens satuan karena lebih higenis ketimbang softlens yang di botolan (gambar ada di bawah). Pada bagian belakang kotak terdapat penjelasan mengenai kandungan dari softlens (dalam berbagai bahasa), BC (base curve) atau kelengkungan softlens, DIA atau diameter, dan barcode. 
Softlens ini mempunyai diameter 14.2 mm. Aku suka softlens dengan diameter kecil (antara 14.2 - 14.5) karena kalau diameternya terlalu besar mataku terlihat seperti alien. 

Ada tiga warna yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Windsome Brown (coklat), Magnetic Grey (abu-abu) dan Mystical Black (hitam). Aku sengaja membeli ketiga warna agar bisa di-review di blog. Pada bagian samping box, terdapat informasi mengenai warna, PWR atau size dan tanggal kadaluwarsa. 

DETAILS

Design: Menurutku design-nya sebenarnya cukup simpel dan tidak sekreatif softlens bulanan, tetapi untuk ukuran softlens harian design-nya cukup bagus. Karena jaman sudah berkembang, softlens harian bisa mempunyai warna & motif yang bagus dan cantik.

Ukuran: Ukuran softlens ini ialah 14.2mm, ukuran standar softlens pada umumnya. Apakah bisa memperbesar ukuran mata? Tentu saja iya, tapi efeknya tidak terlalu besar. Meski begitu, aku sangat suka karena aku pribadi lebih suka softlens dengan ukuran 14.2mm - 14.5mm agar mata tetap terkesan natural.

Kenyamanan: Menurutku softlens ini sangat nyaman ketika digunakan dan tidak terasa berat sama sekali. Namun, ada kalanya terkadang kalau kita pasangnya tidak pas, terasa mengganjal di mata (sepertinya ini kendala semua softlens). Softlens sebaiknya digunakan maksimal 8 jam agar mata tidak kering. Aku pernah menggunakan softlens dari pukul 10.00 sampai pukul 17.00 (tanpa ditetesi cairan tetes mata khusus softlens) mata sudah lumayan tidak nyaman.

Efisiensi: Dengan packaging satuan, menurutku softlens ini sangat efisien dan higenis. Ini yang menjadi salah satu kelebihan softlens harian, yaitu ketika kita sudah merasa tidak nyaman saat menggunakannya, kita tinggal buang softlens-nya dan kita tidak perlu repot mencuci softlens untuk esok hari.

Harga: Satu box berisi 30 pcs seharga Rp 400.000 atau satu box berisi 10 pcs seharga Rp 135.000. Aku menggunakan softlens ini hanya di weekends saja sehingga lebih irit, secara ini harganya lumayan mahal. Kalau mau pakai setiap hari bisa saja, tapi otomatis harus membeli dua box (mata kanan dan kiri) dan satu bulan aku harus mengeluarkan Rp 800.000 untuk softlens (tidaaaaaaaak). By the way, aku belinya di Lensza.

Warna: akan dijelaskan masing-masing di bawah.

Windsome Brown
Warna coklat ini adalah warna yang paling aku suka dari semua warna yang ada karena dia paling terlihat beda di mata. Warna coklat ini sebenarnya juga tidak terlalu terlihat apabila orang melihat sepintas lalu, tetapi akan sangat terlihat apabila terkena sinar matahari atau lampu. Menurutku warna coklatnya natural dan masih cocok untuk kegiatan sehari-hari.

Magnetic Grey
Warna abu-abu ini hampir sama dengan warna hitam. Warnanya akan terlihat ketika terkena sinar matahari atau sinar lampu, tetapi hanya sedikit saja. Aku pun sampai tertukar dan bingung mana yang warna hitam mana yang abu-abu ketika di mata. Efeknya hanya memperbesar mata saja, tidak menambah warna di mata.

Mystical Black
Warna hitam ini hampir sama dengan warna abu-abu. Tidak memberikan efek warna apapun karena memang warnanya sama dengan mata asliku yang hitam. Efek dari softlens ini adalah untuk memperbesar ukuran mata saja.

Overall: Semua warna softlens ini natural dan cocok untuk kegiatan sehari-hari. Warna abu-abu dan hitam hampir sama, hanya warna coklat yang terlihat beda di mata. Softlens ini sangat nyaman dan praktis untuk digunakan, tetapi pastikan pemakaiannya tidak lebih dari 8 jam untuk menghindari iritasi di mata.

Recommended? Yes! Kalau kamu ada budget-nya ya. Karena ini cukup mahal.

P.S: Mohon maaf untuk bayangan cahaya di close-up mata. Cukup susah untuk mengambil foto dengan terang tanpa ada bayangan.

You May Also Like

0 comments

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L