Memaksimalkan Fungsi Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Blogger

by - November 17, 2016

Sebagai seorang mahasiswi semester 5, aku sudah cukup merasakan manis pahitnya dunia perkuliahan. Sebagai contoh nih, mengenai jam kampus. Ada kalanya, jam kampus gak selalu menyenangkan, karena jeda antara pelajaran yang satu dengan yang lain begitu lama, bisa satu sampai tiga jam. Oleh karena itu, aku sering mengisi waktu yang lama itu dengan berbagai kegiatan, misalnya membaca buku materi kuliah, mengerjakan tugas, atau bahkan menulis artikel di blog. Ya, sebagai seorang blogger, aku suka sekali mengisi waktu yang lama itu dengan membuat artikel di blog, atau mungkin, hanya sekedar membalas komen-komen dari readers-ku atau juga mengunjungi blog teman-teman blogger-ku yang lain.

Untuk membuat artikel di blog, aku sering membawa laptop ke kampus. Namun, tak jarang barang bawaan ke kampus begitu banyak, sehingga aku jadi malas bawa laptop. Nah kalau udah begini, apalagi sedang gak ada tugas, pasti aku gak tahu mau ngapain. Mau buat artikel di blog gak bisa, karena gak ada laptop, kan. Buat di kampus? Ah, komputer-nya lemot banget. Jadi males deh.

Tapi untung, di era modern seperti sekarang ini, udah banyak smartphone yang memang canggih dan bisa mengisi kebutuhan kita. Sebagai mahasiswi yang juga berkecimpung dalam dunia blog, fungsi smartphone yang canggih dan benar-benar 'smart' sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau aku gak bawa laptop, aku sering menggunakan smartphone-ku untuk membuat artikel di blog. Mungkin sebagian remaja cuma menggunakan smartphone untuk chatting, social media, dan foto-foto. Tapi ternyata, smartphone juga mempunyai fungsi-fungsi lain yang jarang digunakan lho.

Kita ambil contoh, handphone-ku yang baru aku beli Agustus lalu, yaitu Samsung J5 2016. Ada beberapa alasan aku membeli hp Samsung J5 2016 ini, yaitu:
1. Design-nya yang terlihat elegant dan jauh lebih bagus daripada J5 seri yang lama. Awalnya aku mau membeli J5 seri yang lama (karena diskon :p), namun ternyata J5 2016 body-nya lebih bagus! Sehingga aku memutuskan untuk membeli J5 yang lebih baru.

2. Layar dari J5 2016 yang 'pas'. Aku sendiri lebih suka smartphone yang pas di tangan, dan pertama kali aku pegang J5 ini, pas banget di tangan aku. Makanya, aku beli J5 2016 ini. Ukuran layarnya adalah 5,2", atau 13.2 cm.

3. Harganya yang terjangkau, sekitar 3 juta rupiah. Meski murah, fitur & design-nya juga tidak kalah dari handphone dengan harga yang lebih mahal, sebagai perbandingan adalah dengan Note 5. Design-nya gak kalah bagus kan?

4. Ada fitur facepalm untuk kamera - nah ini yang paling disukain cewek-cewek, yaitu selfie. Karena adanya fitur facepalm ini, jadi gampang buat selfie, gausah pake timer lagi :p Dan, satu lagi, kamera depannya ada flash loh! Bisa selfie malem-malem deh kalau di acara!

5. Karena dia 'smartphone', kita bisa men-download berbagai aplikasi, salah satunya aplikasi blogger. Handphone ini bekerja dengan cepat, sehingga aplikasi blogger lebih enak digunakan dan tidak lemot!
Buat kamu yang mau mulai nyoba nge-blog dari handphone, ini aku kasih tau langkah-langkahnya.
Pertama, download aplikasi blogger di Play Store.
Lalu, sign-in menggunakan account google kamu.
Selanjutnya, klik tombol pensil di pojok kanan atas untuk membuat post baru, atau klik salah satu post yang sudah kamu draft untuk diedit.

Selain dari 5 hal itu, J5 2016 juga punya spesifikasi yang diusung, berupa layar super AMOLED, memory internal 16 GB, memory external up to 256 GB, dual SIM, RAM 2GB, dan spesifikasi lainnya. (Spesifikasi lengkapnya bisa kamu cek disini)


Kalau kamu merasa J5 2016 terlalu kecil, ada pilihan lainnya, yaitu J7 2016 yang lebih besar ukurannya.  J7 yang layarnya lebih besar, lebih nyaman digunakan untuk nge-blog, sehingga untuk kamu yang juga blogger dan suka handphone yang lebih besar, maka J7 menjadi pilihan. Aku sendiri merasa J5 sudah lebih dari cukup. Ukurannya pas, untuk nge-blog juga cukup enak.


Ngomong-ngomong, untuk seri 2016, J5 dan J7 mengeluarkan warna baru lho, yaitu warna pink-gold, yang mana adalah warna favoritku! Lumayan nyesel deh belinya kecepetan, kalau lebih sabar sedikit aku bisa punya yang pink-gold! Tapi warna hitamnya (yang aku punya) juga gak kalah bagus kok!

Handphone ini cukup banget untuk memenuhi kebutuhan blogging-ku. Kalau kalian mau mulai ngeblog juga, boleh banget untuk beli J5 atau J7 seri 2016 ini!


photographed by: @alwinwh

You May Also Like

2 comments

  1. Memang nih, sebagai blogger harus keep in touch sama readernya dimanapun dan kapanpun hehe. Goodluck buat lombanya yaaaa

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Ijin menggunakan fotonya untuk artikel di situs kami kak :)

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L