Cat rambut bebas ammonia & peroxide? Cat rambut untuk uban? (J.F Lazartigue Indonesia Review)

  J. F. Lazartigue Colouring Emulsion shade 'Chestnut' Review (Bahasa Indonesia)  
special thanks to my Mom who was willing to be my model for this post. Love you Mami :p

CLICK HERE FOR ENGLISH POST
Review kali ini agak berbeda dari review-review sebelumnya, karena jika biasanya aku membahas tentang fashion & makeup, kali ini aku membahas tentang hair care. Mungkin pertanyaan di judulku adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang yang suka mengecat rambut, tapi sebal dengan kandungan ammonia yang terlalu kuat di cat rambut. Hal itu juga menjadi salah satu concern yang sering mamaku pikirkan. Sampai akhirnya, dia menemukan satu brand cat rambut yang entah mengapa jarang sekali di-review di Indonesia, yaitu J.F. Lazartigue Indonesia.

By the way, post kali ini adalah special request dari mamaku yang ingin membagikan informasi, khususnya bagi wanita dewasa (terutama ibu-ibu), yang sangat concern mengenai kandungan ammonia & peroxide yang sering ada dalam cat rambut, dan juga bagi mereka yang ingin menutupi uban secara sempurna. So, enjoy the post!

Jadi aku cerita dulu ya dari mana mamaku bisa nemu cat rambut ini. Jadi waktu itu kami sedang jalan-jalan ke Sogo Plaza Senayan, lalu tidak sengaja menemukan booth / stall dari si J.F Lazartigue ini. Mamaku, yang memang lagi cari cat rambut yang bagus, nanya-nanya ke si mbak. Si mbak menjelaskan bahwa cat rambut ini alami, gak berbau, dan aman karena gak ada kandungan ammonia & peroxide. Tapi si mbak gak menjawab dengan detail soal pemilihan warna, sehingga pada saat itu, mamaku membeli warna yang terang. 

Sebelum menggunakan cat rambut ini, mamaku udah menggunakan berbagai cat rambut, seperti Revlon, Loreal, Bigen, tapi hampir semua cat rambut yang dia coba mengandung ammonia & peroxide. Emang, apaan sih itu, ammonia & peroxide?

Ammonia adalah bahan kimia pada cat rambut yang bisa membuat warna cat rambut bertahan lebih lama di rambut kita. Menurut penelitian, cat rambut yang mengandung ammonia di luar kadar dapat menyebabkan berbagai penyakit & mengganggu kesehatan penggunanya. Nah, pasti muncul pertanyaan, kalau masih dalam batas, ammonia & peroxide gak apa-apa dong?

Ya, memang tidak apa-apa, namun yang mamaku alami selama cat rambut, kandungan ammonia & peroxide tersebut menimbulkan bau cat rambut yang sangat menyengat, yang membuat orang yang menghirupnya jadi sakit kepala. Akupun merasakan baunya. Selain itu, salah satu dari cat rambut yang mamaku coba, memang tidak berbau, tapi menimbulkan gatal & perih yang luar biasa di kulit kepala. Maka itu, mamaku mencari cat rambut yang tidak berbau & aman bagi kepala, yang tidak mengandung ammonia & peroxide.

Saat pertama kali mamaku mencoba cat rambut J.F. Lazartigue, cat rambut ini menempel pada rambut, tapi tidak pada ubannya. Mamaku lumayan kecewa, akhirnya dia menggunakan cat rambut lain yang berbau lagi. Tapi, pada suatu kali, mamaku pergi ke Lippo Mall Puri dan mampir di salon bernama Le Polita, dan disana menjual cat rambut J.F Lazartigue ini. Mamaku komplain dengan hair expert disana, nah barulah sama si hair expert dijelaskan, bahwa warna cat yang bisa masuk ke uban adalah warna Black, Brown, dan Chestnut, dan cat rambut terang gabisa masuk warnanya. Akhirnya mamaku mencoba warna chestnut-nya.

Berbicara soal brand-nya sendiri, J.F Lazartigue adalah brand hair care yang berasal dari Perancis. J.F Lazartigue mempunyai banyak pilihan warna, bisa kalian lihat di sini. Di Indonesia sendiri, aku baru menemukan cat rambut ini di Le Polita Lippo Mall Puri & Sogo Plaza Senayan. Tapi yang Sogo sudah lama gak kesana, aku gak tahu sudah tutup atau belum.

Kita mulai review-nya!
Di dalam box cat rambutnya, ada 4 item, yaitu cat rambut nya itu sendiri -- yang isinya seperti paste, kertas petunjuk, sarung tangan, dan neutralizer. Sayangnya, seperti yang mamaku bilang, dia gak ada conditioner agar rambut lebih halus. Mungkin karena kandungan dari cat rambut yang dianggap super aman, sehingga gak bikin rambut keras, kali ya.

Isi dari kertas penjelasan. Ada cara menggunakan cat rambutnya. Klik untuk memperbesar ya.

Ada juga penjelasan di samping box-nya. Penjelasan ada dalam bahasa Perancis dan Inggris. Klik untuk memperbesar ya.

Ini adalah cat rambutnya. Bentuknya seperti pasta gigi, dan isi dari cat rambutnya adalah berbentuk paste / pasta. Isinya 60 ml, cukup untuk 1 rambut pendek. Sepertinya jika digunakan untuk rambut medium / panjang butuh 2 tube.

*Klik untuk memperbesar*
To be honest, aku kurang ngerti fungsi dari neutralizer itu apa. Tapi menurut hair expert-nya, neutralizer ini wajib banget dipakai sehabis bilas rambut. Yang aku tau sih, neutralizer ini adalah pengganti sampo, jadi setelah rambut di cat, dibilas, lalu dicuci dengan neutralizer. Mungkin fungsinya untuk menetralisir rambut dari zat kimia yang ada (meskipun sudah tidak ada ammonia & peroxide), dan sebagai pengganti sampo. Kalau menggunakan sampo biasa, cat rambut akan mudah luntur.
~o~


Tahap - tahap mengecat rambut (terutama bagi ibu-ibu yang punya uban ya):
1. (Saran dari hair expert), cuci rambut sebelum mengecat agar kotoran di rambut terangkat. Ini aku agak ragu, karena di tube-nya ada tulisan cat pada rambut yang kering dan tidak dicuci (dry & not washed).
2. Tunggu rambut sampai kering (ini kalau melalui tahap pertama)
3. Belah bagian rambut yang memiliki uban. (gambar pertama & kedua)
4. Taruh paste cat rambut tepat di akar rambut yang beruban. (gambar ketiga)
5. Ratakan sampai uban tidak terlihat dan cat mengenai seluruh rambut (gambar ketiga)
6. Tunggu minimal 30 menit, lalu bilas.
7. Setelah dibilas, jangan lupa menggunakan neutralizer sebagai sampo untuk menetralisir cat rambut yang sudah terkena kulit & rambut itu sendiri.
8. Bilas, keringkan.

Hasilnya:
Saat masih basah

Sesudah kering, H+1.

Pros & Cons setelah menggunakan ini (pendapat pribadi mamaku ya):
Kelebihan:
- Tidak berbau menyengat seperti cat rambut pada umumnya.
- Tidak sakit di kulit kepala, sensasinya cooling, dingin seperti mint. Kulit kepala mamaku sensitif, dan cat rambut ini cocok untuknya.
- Berbahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit kepala & rambut. Meskipun masih ada bahan kimia yang digunakan, namun bahan kimia tsb terbebas dari ammonia, peroxide (untuk cat rambut), dan paraben (untuk neutralizer).
- Warna pekat & pigmented
- Bisa menutupi uban dengan sempurna.
- Made in France, jadi kualitas cukup terjamin.

Kelemahan:
- Harganya mahal
- Sulit didapat, hanya ada di Le Polita Lippo Mall Puri dan Sogo Plaza Senayan (yang aku tahu)
- Pasca pengecatan, terdapat sisa paste cat rambut yang menyerap ke kulit kepala, sehingga akan mengganggu penampilan. Sebaiknya, pemakaian cat rambut dilakukan saat kita stay di rumah, jangan pergi-pergi.
- Tidak ada conditioner, sehingga rambut terasa agak keras & mekar.
- Cat rambut masih luntur ketika dicuci sampai kurang lebih 3x cuci rambut. Hal ini sepertinya terjadi karena cat rambut ini tidak mempunyai kandungan ammonia yang mengikat cat rambut untuk bertahan lama di kepala. 

➯ Bisa dibilang cat rambut ini agak hit & miss sih, di satu sisi dia bagus untuk kulit sensitif, di satu sisi dia banyak kekurangan juga.
➯ Untuk harga, harganya memang mahal, karena untuk 1 box cat rambut harganya adalah Rp 340.000,-. Di salon Le Polita sempat ada promo buy 2 get 1, sehingga jika kita beli 1 paket maka harga satuannya menjadi Rp 226.000,-
➯ Untuk ketahanan di rambut, cat rambut ini akan pudar pada minggu ke-5, sehingga kira-kira cat rambut ini kuat sekitar 1 bulan.
Disclaimer: Cat rambut ini belum tentu cocok untuk semua orang. Aku tidak bisa menjamin cat rambut ini cocok untuk kulit kepala pembaca atau tidak. Kalau mau mencoba, silahkan, kalau tidak juga silahkan. Akupun tidak dibayar untuk menulis ini, hanya sekedar membagi informasi karena mamaku merasa ingin membagikan informasi tentang cat rambut ini. 
Papaku juga mencoba cat rambut ini, dan setelah bilas dengan neutralizer, kulit kepala nya terasa gatal. Namun setelah H+1, sudah tidak lagi. Aku tidak tahu ini cocok / tidak cocok / gimana. Tapi ya, hanya memberitahukan saja :)


Semoga informasi ini berguna. Ciao.

No comments:

THANKS FOR YOUR COMMENTS!
My instagram: @ellyzabeth_tan
Let's keep in touch! :)

Powered by Blogger.